Tips Supaya Tetap Berenergi Selama Berpuasa

+

Tips Supaya Tetap Berenergi Selama Berpuasa – Ketika sedang berpuasa, perut akan diistirahatkan dari aktivitas makan atau minum mulai dari waktu imsak hingga maghrib. Pada kondisi ini, biasanya tubuh akan lemas dan seperti tidak memiliki energi. Supaya tubuh tetap berenergi selama menjalani puasa Ramadhan, maka penting sekali untuk memilih makanan yang tepat ketika sahur.

Memilih menu makanan yang tepat bisa membuat tubuh tetap berenergi dan terhidrasi sehingga Anda tetap bisa beraktivitas saat menjalankan ibadah puasa. Di bawah ini ada beberapa tips yang berasal dari seorang ahli nutrisi bernama Nour El-Zibdeh supaya tubuh tetap berenergi selama berpuasa seperti dilansir dari laman Buzzfeed :

Supaya Tetap Berenergi Saat Berpuasa

1. Mengkonsumsi makanan berserat
Memilih menu makanan yang kaya akan serat bisa membuat kenyang lebih lama. Jadi pastikan pada saat makan sahur Anda mengkonsumsi menu makanan yang banyak mengandung serat karena Anda akan merasa kenyang lebih lama serta untuk menjaga kesehatan usus.

Makanan yang kaya akan serat bisa di peroleh dari kacang-kacangan, oatmeal, sayur sayuran, buah beri, pir apel, serta biji bijian.

2. Cukupi asupan makanan berprotein
Tubuh memerlukan asupan protein sebagai sumber energi dan dapat menunda rasa lapar. Sumber terbaik untuk memperolah asupan protein adalah dari telur, yoghurt, ikan, ayam, acang-kacangan dan kedelai.

3. Sumber lemak sehat
Mengkonsumsi makanan seperti kacang, selai kacang, zaitun, minyak zaitun, bisa membuat kenyang lebih lama. Saat makan sahur, lebih baik menghindari makanan yang digoreng.

4. Konsumsi buah
Beberapa buah buahan yang kaya akan serat bisa Anda pilih karena bisa membuat kenyang lebih lama. Anda bisa memilih buah asli dan hindari jus buah yang banyak mengandung gula. Buah yang kaya akan serat untuk sahur seperti buah stroberi, mangga atau jeruk.

5. Air putih
Saat puasa, tubuh akan kekurangan cairan. Sehingga jangan lupa untuk memperhatikan asupan minuman untuk tubuh selama berpuasa. Minumlah air putih paling tidak dua gelas ketika sahur supaya tubuh tetap terhidrasi. Jika ingin menambahkan sayuran yang banyak mengandung air bisa juga dengan mentimun, tomat serta selada air.

 

free web hit counter . © 2017 Tergambar.Com