Tips Merawat Pagar Besi Agar Awet Dan Tidak Cepat Berkarat

Tips Merawat Pagar Besi Agar Awet Dan Tidak Cepat Berkarat – Pagar rumah yang terbuat dari besi memang cara pembuatannya terkesan lebih praktis dan simple. Namun, ada kelemahan apabila rumah menggunakan pagar besi. Lama kelamaan pagar mengalami korosi atau berkarat yang di akibatkan oleh cuaca. Apabila pagar sudah berkarat tentu saja akan mengurangi kekuatan dan juga keindahannya. Karena fungsi dari sebuah pagar rumah tidak hanya sebagai pembatas dan tidak hanya untuk keamanan rumah saja, melainkan juga untuk keindahan rumah, apabila pagar berkarat tentunya tidak menarik di lihat. Terlebih lagi letak pagar ini biasanya ada di depan rumah sebagai pintu gerbang masuk, tentunya perlu upaya antisipasi agar pagar besi rumah tidak cepat berkarat.

Agar terhindar dari karatan dan kerusakan pagar besi makain parah, alangkah lebih baik melakukan perawatan sejak awal. Perlu di ketahui bahwa terjadinya karat pada pagar besi bisa di sebabkan karena pagar mengalami reaksi oksidasi dan reaksi kimia. Beberapa hal hal jadi penyebab terjadinya reaksi tersebut adalah karena air, oksigen, dan garam terlarut. Apabila pagar besi sudah berkarat, kerusakan yang muncul bisa bermacam-macam yang bisa menghilangkan material bahan besi itu sendiri.

merawat pagar besi

Pagar dari bahan besi yang rusaknya masih tahap awal masih bisa diperbaiki, namun apabila sudah sampai pada tingkat hilangnya bahan besi, maka pagar harus di gantu. Oleh karena itulah sebelum rusak lebih baik mencoba beberapa tips di bawah ini untuk mencegah pagar besi rumah Anda berkarat:

Persiapkan bahan dan alat berikut :

1.Gunakan cat besi yang memiliki kandungan bahan anti karat. Fungsi cat dengan bahan anti karat ini sebagai cat primer yang sekaligus sebagai top coat atau cat finish.

2.Siapkan ampelas besi

3.Sediakan sikat kawat

4.Siapkan kuas, Anda bisa sesuaikan kuas dengan besarnya besi dari pagar

Langkah Selanjutnya adalah

1. Setelah semua bahan siap, sikatlah bagian pagar besi yang berkarat, selanjutnya ampelaslah sampai benar-benar bersih.

2. Jika di permukaan besi tadi masih ada sisa sisa kotoran debu atau minyak, coba gunakan lap kering untuk membersihkannya.

3. Selanjutnya sapukan cat besi yang sudah ada bahan anti karatnya tadi. Cat besi yang mengandung bahan anti karat tersebut menjadi lapisan cat primer yang sekaligus juga sebagai top coat atau cat finish.

Penggunaan cat yang mengandung bahan anti karat tersebut bisa tahan dengan kondisi cuaca dan untuk Warna Cat nya Anda bisa pilih sesuai selera. Apabila tidak ingin menggunakan cat jenis tersebut, Anda juga dapat memakai cat dasar (cat meni) terlebih dahulu. Selanjutnya tunggulah sampai satu hari berikutnya, baru gunakan cat finish. Dengan cara cara di atas, pagar besi milik Anda akan tampak mengkilat lagi. Semoga bermanfaat…

free web hit counter . © 2017 Tergambar.Com