Tips Mencuci Batik Yang Benar Agar Tidak Luntur

Tips Mencuci Batik Yang Benar Agar Tidak Luntur – Keberadaan batik sudah ada sejak lama di Indonesia dan kini batik telah menjadi aset budaya bagi Indonesia. Aneka produk batik pun juga banyak menghiasi di hampir semua toko fashion. Batik pun menjadi salah satu fashion item bagi hampir semua orang baik kalangan remaja hingga dewasa. Terbukti kita bisa dengan mudah menemukan orang orang dengan keren nya karena mengenakan Baju Batik.

Sepertinya hampir semua orang baik muda dan orang dewasa memiliki koleksi batik di almarinya dan menjadikan batik sebagai salah satu busana pilihan untuk berbagai macam acara baik untuk acara resmi atau semi formal. Jika Anda memiliki koleksi baju batik di rumah, tentunya Anda ingin pakaian batik Anda awet kan? Nah, agar keindahan baju batik yang Anda miliki tetap awet Anda perlu coba tips yang ada di bawah ini. Salah satu penyebab mengapa batik tidak indah lagi karena keliru saat mencucinya.

tips mencuci batik

Mencuci batik memang seharusnya tidak boleh sembarangan agar Motif Batik dan warnanya tidak gampang pudar. Oleh karena itu, Anda bisa coba beberapa tips mencuci batik agar awet seperti yang ada di bawah ini :

1.Cuci Pakai Tangan
Jaman sekarang ini, orang lebih suka mencuci pakaian dengan menggunakan mesin cuci. Bahkan bagi yang tidak memiliki mesin cuci pun kadang memanfaatkan jasa laundry karena tidak ingin capai dan repot. Jika Anda ingin batik kesayangan Anda tetap bagus dan awet sebaiknya tidak menggunakan mesin cuci untuk mencuci baju batik Anda. Putaran mesin cuci yang terlalu kencang akan membuat corak batik jadi cepat pudar dan luntur.

2.Gunakan Sampo
Saat akan mencuci batik, Anda bisa campurkan 10 ml sampo dengan 10 L air, lalu rendam batik Anda dalam larutan tersebut. Anda juga bisa menggunakan detergent yang didesain khusus untuk pakaian batik, namun sebaiknya hindari menggunakan detergen biasa.

3.Gunakan Air Hangat
Apabila batik Anda terkena kotoran yang sulit untuk di bersihkan, coba cuci dengan menggunakan air hangat dan sabun. Apabila nodanya masih belum hilang juga, Anda dapat mencobanya dengan menggunakan kulit jeruk pada bagian yang terkena noda tersebut.

4.Cara Menjemur
Menjemur pakaian juga berdampak pada awet atau tidaknya busana Anda. Setelah Anda mencuci busana batik Anda, coba peras batik Anda namun tanpa menggunakan pengering, selanjutnya jemur di tempat yang tidak terkena terik matahari secara langsung. Saat menjemur, tarik perlahan pada bagian ujungnya agar seratnya bisa kembali lurus dan normal.

Itulah beberapa tips dan cara bagaimana mencuci batik yang akan membuat batik Anda tetap bagus, corak dan warnanya tetap indah dan tidak mudah luntur. Nah, Anda akan tetap bisa tampil tampan atau Tampil Cantik dengan mengenakan baju batik yang menjadi busana kebanggaan bangsa Indonesia.

free web hit counter . © 2017 Tergambar.Com