Tips Menata Kamar Agar Tidur Lebih Nyenyak

Tips Menata Kamar Agar Tidur Lebih Nyenyak – Bisa tidur pulas membuat tubuh jadi lebih bugar di esok harinya dan aktivitas pun bisa di lakukan dengan penuh semangat. Apakah Anda termasuk orang yang sulit  tidur di malam hari? Jika iya, mungkin saja yang menjadi penyebabnya adalah pada pengaturan kamar Anda. Penataan kamar yang tepat bisa menjadikan kualitas tidur menjadi lebih baik.

tidur nyenyak

Seperti di informasikan dari laman Huffington Post, keadaan kamar juga turut mempengaruhi kualitas tidur seseorang. Maka, jika ingin memiliki kualitas tidur yang lebih baik, cobalah untuk melakukan penataan kamar tidur Anda dengan beberapa langkah berikut ini :

1. Atur Suhu Ruangan
Kamar dengan suhu panas bisa membuat Anda sulit memejamkan mata, atau bisa juga terbangun saat dini hari. Agar cepat tidur cobalah atur suhu kamar antara 15 – 22 derajat Celcius, atau sesuaikan dengan kenyamanan Anda. Jika kamar tidak ber AC, coba gunakan kipas angin agar kamar jadi lebih sejuk.

Baca juga Tips Menata Interior Kamar Tidur Yang Sempit

2. Sprei dan Selimut
Ada jenis jenis kain yang bisa menyerap kelembaban sehingga membuat tubuh jadi lebih nyaman saat tidur. Maka pilihlah sprei atau selimut dari bahan katun, wool atau sutera. Hindari menggunakan bahan polyester dan satin sintetis yang sifatnya menahan kelembaban karena membuat tubuh jadi terasa jadi hangat.

3. Bereskan Kamar
Pastikan kondisi kamar rapi karena bisa membuat lebih rileks dan nyaman untuk istirahat. Maka, sebelum tidur bereskan dulu barang barang yang berantakan di kamar Anda.

4. Perhatikan Kenyamanan Bantal
Bantal termasuk atribut yang bisa membuat tidur jadi lebih nyenyak. Memakai bantal yang terlalu tipis/tebal, sudah tidak elastis lagi bisa menyebabkan leher terasa sakit, sakit di punggung dan otot-otot jadi terasa kaku. Selain itu perhatikan juga kebiasaan tidur Anda saat memilih bantal. Jika posisi tidur Anda menyamping maka gunakan bantal yang lebih padat agar bisa menopang telinga dan bahu. Jika posisi tidur telentang maka pilih bantal yang dapat menyanggah kepala. Jika terbiasa tidur tengkurap, gunakan bantal yang sangat tipis atau tidak usah memakai bantal saja.

Perhatikan masa pemakaian bantal tidur Anda, Bantal sebaiknya diganti setiap 1-2 tahun sekali, atau ketika bentuk busanya sudah tidak sempurna lagi. Selain itu, cuci bantal Anda secara rutin paling tidak 1 bulan sekali untuk mengurangi bakteri atau debu yang menempel. Gantilah sarung bantal 3 hari sekali agar tetap higienis, aroma bantal tetap segar dan bantal selalu bersih agar tidur Anda lebih nyaman.

free web hit counter . © 2017 Tergambar.Com