Tips Agar Sperma Pria Subur Dan Sehat

+

Tips Agar Sperma Pria Subur Dan Sehat – Tak kunjung punya anak dari pernikahan Anda? Banyak hal yang menyebabkan pasangan suami istri belum memiliki anak. Salah satunya adalah karena sperma suami yang tidak subur sehingga tidak bisa membuahi sel telur. Agar kondisi sperma subur, informasi mengenai tips cara agar sperma subur dan sehat ini mungkin bermanfaat buat Anda. ;-D

Di kutip dari kompas, Dr. Ponco Birowo Sp.U PhD, seorang spesialis urologi mengatakan, ada 3 poin penting untuk mengukur kesehatan sperma seorang pria. Kesehatan sperma sangat tergantung pada beberapa faktor seperti, kuantitas, kualitas dan motilitas (pergerakan) sperma. Baca juga Gaya Posisi Bercinta Yang Paling Di Sukai Pria

agar sperma pria subur

Berdasarkan kualitas sperma, pria bisa dikatakan subur kalau dalam sekali ejakulasi air mani (sperma) yang keluar mengandung lebih dari 39 juta sperma. Sementara untuk kualitas, sperma pria dikatakan subur kalau lebih dari 4 persen dari sperma pria memiliki bentuk dan struktur yang normal.

Jenis sperma yang normal memiliki kepala oval dan ekor panjang, di mana saling bekerjasama untuk dapat bergerak menunju sel telur. Sedangkan untuk sperma yang ukurannya besar, kecil, kepala meruncing, bengkok atau keriting dan ekor melingkar, cenderung sulit untuk membuahi telur.

Agar sperma bisa mencapai sel telur, sperma harus mampu bergerak sendiri – menggeliat dan berenang untuk mencapai dan menembus sel telur. Seseorang pria dikatakan subur kalau lebih dari 40 persen sperma bergerak.

Ponco juga mengatakan, apabila seseorang pria merasa khawatir sperma nya tidak sehat,  ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk agar produksi sperma meningkat dan sehat, yaitu :

1. Konsumsi multivitamin : Mengonsumsi beberapa multivitamin setiap hari seperti vitamin E dan C akan membantu menyediakan nutrisi penting untuk mengoptimalkan produksi dan fungsi sperma.

“Vitamin E dan C dapat memperbaiki sirkulasi darah di daerah testis dan merangsang pertumbuhan dan pembelahan sel sperma,” kata Ponco.

2. Makan buah dan sayuran yang banyak : Agar sperma subur, perbanyak makan sayuran dan buah buahan kaya akan antioksidan dan dapat membantu meningkatkan kesehatan dan kesuburan sperma pria. Tomat, produk berry, stroberi, dan anggur merupakan jenis makanan yang kaya antioksidan.

“Varikokel terjadi karena ada radikal bebas. Dengan kita makan buah dan sayuran yang kaya antioksidan, radikal bebas ini dapat diobati,” jelasnya.

Ponco mengatakan bahwa pelebaran pembuluh darah vena di kantong testis (varikokel) menjadi salah satu penyebab utama gangguan kesuburan pada pria. Angka prevalensinya cukup tinggi, karena sekitar 45 dari pria sehat di dunia mengalami hal ini.

3. Kelola stres : Stres bisa menjadi pengganggu hormon tertentu yang diperlukan untuk memproduksi sperma. Stres juga dapat menurunkan fungsi seksual.

4. Lakukan aktivitas fisik : Melakukan aktivitas fisik (olahraga) secara rutin tidak hanya baik untuk kesehatan reproduksi, tetapi juga mempromosikan kesehatan secara keseluruhan. Tapi ingat, jangan melakukan olahraga yang berlebihan. Pasalnya, jika Anda berolahraga terlalu berat, Anda mungkin mengalami perubahan sementara pada kadar hormon dan penurunan kualitas sperma.

5. Jaga kolesterol: Terlalu banyak lemak tubuh dapat mengganggu produksi hormon reproduksi, yang dapat mengurangi jumlah sperma Anda dan meningkatkan persentase jumlah sperma menjadi abnormal.

“Berat badan secara langsung tidak memengaruhi kesuburan, tetapi kolesterolnya. Kalau lemak tubuh terlalu tinggi peredaran darah juga kurang bagus. Kadar kolesterol total harus dibawah 200,” jelasnya.

Menurut Ponco, seorang  kemungkinan besar akan menghasilkan sperma berkualitas tinggi jika dapat mempertahankan berat badan yang sehat dan ideal. Baca juga Pria Yang Rentan Mengalami Disfungsi Ereksi

 

free web hit counter . © 2017 Tergambar.Com