Tips Agar Rumah Terasa Sejuk Tanpa AC

+

Tips Agar Rumah Terasa Sejuk Tanpa AC – Memasang AC dalam rumah memang menjadi solusi mudah agar rumah tidak panas. Pemasangan AC di dalam rumah menjadi satu pilihan bagi kebanyakan orang agar rumah terasa sejuk. Akan tetapi penggunaan AC juga bisa menyebabkan kerusakan lingkungan.

Agar rumah bisa terasa adem namun tidak memasang AC yang bisa menjadi penyebab kerusakan lingkungan ada cara lain yang bisa di lakukan dan bisa Anda coba di rumah Anda.

Rumah Sejuk Tanpa AC

Seorang Dosen Arsitektur UNS, Ir. Rahmadi Nugroho, MT mengungkapkan tips bagaimana cara mendapatkan suasana sejuk tanpa AC di dalam rumah.

Hal pertama adalah memilih lingkungan luar.

Suasana luar bisa dibuat menjadi lebih sejuk yaitu dengan memilih lokasi rumah yang dekat dengan area persawahan atau pada tempat yang ada banyak pepohonan.

Pemilik rumah juga bisa menanam bermacam macam tanaman di luar rumah karena akan membawa kesejukan ke dalam rumah.

“Memilih lingkungan hijau bisa menciptakan lingkungan sejuk di luar rumah, sehingga mampu menyejukan suasana dalam rumah,” kata Rahmadi Nugroho

Selain lingkungan, memilih bahan bangunan yang tepat juga bisa membuat rumah jadi terasa sejuk. Jika ingin membuat suasana rumah menjadi sejuk, lebih baik memilih bahan bangunan yang tidak meneruskan panas, misalnya dengan memakai lapisan aluminium foil untuk pelapis dan dipasang di bawah genteng.

Pemasangan plafon yang tinggi pada rumah juga bisa mengurangi panas, pasalnya udara panas yang terjebak di atas tidak turun lagi.

“Memilih bahan juga bisa untuk mengurangi panas, misalnya dengan memasang pelapis aluminium foil di atap,” ujarnya.

Cara lain yang bisa dilakukan jika ingin memiliki rumah yang sejuk tanpa pasang AC adalah dengan tidak membuat bukaan pintu atau jendela yang langsung menghadap arah datangnya sinar matahari.

Misalnya, untuk kamar utama sebaiknya tidak menghadap arah barat karena pada waktu panas matahari sore bisa menyebabkan ruangan terasa panas.

Rumah sebaiknya juga mempunyai banyak bukaan agar udara alami bisa masuk. Hal ini merupakan solusi untuk rumah yang memiliki langit-langit agak rendah.

Cara lain adalah dengan membuat banyak ventilasi agar sirkulasi udara bisa terus menerus masuk dan keluar rumah.

Atau jika ingin mengusir hawa panas bisa juga diakali dengan membuat rongga di bawah atap.

Cara ini bisa diterapkan pada rumah yang memiliki bentuk atap datar yang bangunannya menempel ke tetangga dan efektif juga di terapkan pada rumah yang memiliki atap berbentuk sandar tanpa plafon.

Agar di ketahui juga bahwa suasana rumah yang panas juga bisa di sebabkan karena penggunaan peralatan rumah tangga seperti alat elektronik. Kurangi penggunaan alat elektronik agar bisa mengurangi gerah di dalam rumah.

free web hit counter . © 2017 Tergambar.Com