Jenis Jenis Batik Di Indonesia Dan Penjelasannya

Jenis Jenis Batik Di Indonesia Dan Penjelasannya – Ada banyak jenis batik dengan motif yang bisanya mengandung filosofi sesuai daeral asal batik. Postingan Jenis jenis batik di Indonesia ini untuk menambah kecintaan kita pada batik yang merupakan kekayaan budaya di Indonesia.  Asal mula kata batik yang kita kenal berasal dari dua kata dalam bahasa Jawa yaitu amba yang artinya menulis dan kata titik yang memiliki makna titik. Batik sendiri sebenarnya adalah salah satu teknik cara pembuatan bahan untuk pakaian seperti misalnya ada batik tulis, batik cap, batik sablon, batik painting, hingga batik printing.

Dari cara pembuatan batik inilah selanjutnya di kenal dengan macam jenis batik sesuai dengan proses dan cara pembuatan batik tersebut. Terciptanya batik yang berasal dari Indonesia ini adalah gabungan dari keseluruhan teknik pembuatan, teknologi dan pada pengembangan motif batik itu sendiri yang biasanya di ambil dari budaya dimana batik itu di buat.

jenis batik indonesia dan penjelasannya

Sehingga banyak kita kenal macam macam batik di Indonesia sesuai asalnya seperti batik solo, batik yogya, batik pekalongan serta batik batik dari daerah lain di Indonesia.

Berikut ini jenis jenis batik Indonesia dan penjelasannya dengan berdasarkan cara pembuatannya :

1.Batik Tulis
Namanya batik tulis pastinya kita tahu kalau cara pembuatan motif batik ini di bentuk dan di buat dengan tangan, pengrajin akan menggambar dengan menggunakan alat berupa pensil dan canting sebagai penutup sekaligus sebagai pelindung dari zat pewarna.

2.Batik Painting
Cara membuat batik painting ini biasanya tanpa pola terlebih dulu, pengrajin batik akan langsung meramu warna di atas kain yang akan di buat kain batik

3.Batik Sablon
Batik sablon adalah batik dimana motif batiknya di buat dengan cara dicetak dengan menggunakan klise atau hand print.

4.Batik Cap
Sesuai namanya yaitu batik cap, cara pembuatan motif dari batik ap ini menggunakan stempel. Alat yang di gunakan untuk menge-cap batik ini umumnya terbuat dari bahan tembaga yang sebelumnya sudah digambar pola batik kemudian telah dibubuhi dengan bahan malam yaitu cairan lilin panas.

5.Batik Printing
Jenis batik printing ini motifnya di buat dengan menggunakan mesin, sehingga bisa menghasilkan kain batik dalam jumlah yang sangat banyak karena proses pembuatannya memakai alat mesin modern.

Produk yang di hasilkan dari batik juga bermacam macam seperti kebaya batik, kain, selendang, sarung, dress hingga Baju Batik yang saat ini bisa dengan mudah kita temukan di toko atau butik pakaian. Dan modelnya juga banyak sekali dan sangat mudah kita cari sesuai dengan kebutuhan kita. Baca juga cara mengencangkan payudara.

free web hit counter . © 2017 Tergambar.Com