Faktor Penyebab Terjadinya Perceraian Di Indonesia

+

Faktor Penyebab Terjadinya Perceraian Di Indonesia – Setiap pria dan wanita yang menikah, pasti tidak menginginkan berpisah, tidak ingin rumah tangganya berantakan dan memutuskan untuk bercerai. Ingat pada saat berpacaran, kemudian memutuskan untuk menikah yang jadi masa masa indah, berjanji untuk mengarungi bahtera rumah tangga hingga akhir hayat. Tapi, apa yang di harapkan untuk selalu hidup bersama kadang tidak sesuai keinginan dan berakhir dengan perceraian.

Banyak hal yang bisa jadi Penyebab Terjadinya Perceraian Suami Istri. Ada yang sudah menikah bertahun tahun, pun sebaliknya pernikahan yang singkat. Pertengkaran atau konflik yang terjadi dalam sebuah keluarga yang tidak terselesaikan dan ber larut larut yang berujung pada perceraian.

penyebab perceraian

Bagaimana dengan pasangan suami istri di Indonesia? Apa saja yang menjadi penyebab perceraian di Indonesia? Seperti yang di lansir oleh vemale.com bahwa angka perceraian yang terjadi di Indonesia hingga saat ini masih tetap tinggi. Berdasarkan dari data Peradilan Agama (PA) secara nasional untuk angka perceraian di Indonesia hingga tahun 2010 mencapai 314.354 pada tingkat pertama. Sedangkan berdasarkan bidangnya, jumlah angka perceraian mencapai 284.379 yakni cerai gugat mendominasi mencapai 190.280 dan cerai talak sebanyak 94.009, dikutip dari merdeka.com. Dengan melihat data tersebut menunjukkan kalau angka perceraian di Indonesia masih tinggi.

Faktor apa yang menjadi penyebab perceraian di Indonesia sehingga jumlahnya cukup banyak pasangan suami istri yang bercerai? Ternyata, penyebabnya kebanyakan karena faktor internal dari keluarga pasangan yang semakin menyulut api perselisihan. Pada saat suami istri sedang ada masalah, pihak keluarga yang kadang ikut campur malah memperkeruh suasana. Bukannya menenangkan, tapi malah memperkeruh suasana.

Terjadinya perselisihan atau pertengkaran dalam rumah tangga merupakan hal yang wajar, karena biar bagaimanapun juga manusia tidak bisa lepas dari riak-riak kehidupan. Hal hal yang kecil yang bisa menyebabkan pertengkaran dan tidak segera di atasi akan menjadi masalah makin rumit dan berakhir dengan perceraian. Saling introspeksi diri, dan berusaha mengatasi masalah dengan lebih mengutamakan keutuhan keluarga tentunya lebih baik, terlebih kalau sudah ada anak anak.:D

free web hit counter . © 2017 Tergambar.Com