Ciri Dan Tanda Wanita Sedang Dalam Masa Subur

+

Ciri Dan Tanda Wanita Sedang Dalam Masa Subur – Sudah menikah cukup lama namun belum juga di karuniai seorang anak? Bisa jadi ada masalah pada kesuburan. Terjadinya kehamilan pada wanita juga di pengaruhi oleh kesuburan. Pada wanita yang sedang dalam kondisi masa subur biasanya di mulai sejak usia 12 tahun hingga mencapai 48 tahun. Untuk mengetahui ciri ciri dan tanda tanda masa subur pada wanita bisa di ketahui dengan melihat beberapa hal yang terdapat di bawah ini.

1. Siklus haid
Perempuan yang sedang dalam masa subur biasanya akan mengalami haid secara teratur setiap bulannya. Satu siklus putaran haid ini dimulai sejak hari awal keluarnya haid sampai 1 hari sebelum menstruasi datang kembali. Siklus haid ini biasanya berlangsung kurang lebih selama 28 sampai 30 hari. Dengan berpedoman pada siklus haid inilah bisa di lihat seorang wanita dalam masa subur atau tidak.

Masa Subur Wanita

 

2.Menggunakan alat pencatat kesuburan
Dengan menggunakan kemajuan teknologi berupa alat ovulation thermometer juga bisa dijadikan sebagai cara untuk mendeteksi apakah wanita sedang dalam keadaan subur atau tidak. Alat ini dapat mendeteksi perubahan suhu badan apabila seorang wanita sedang dalam masa subur atau tidak. Apabila sedang dalam masa subur biasanya thermometer menunjukkan adanya kenaikan suhu sebanyak 0,2 derajat celsius dalam kurun waktu selama 10 hari. Apabila tidak terjadi perubahan suhu yang di tunjuukan alat ini, berarti wanita tersebut sedang tidak subur.

3.Dengan tes darah
Jika seorang wanita sedang mengalami siklus haid yang tidak teratur, misalnya haid datangnya hanya 3 bulan sekali atau bahkan 6 bulan sekali, biasanya wanita tersebut juga tidak subur. Apabila mengalami hal yang demikian, bisa melakukan tes darah apa yang menjadi penyebab haid tidak teratur. Tujuan melakukan tes darah adalah untuk mengetahui kandungan hormon yang turut berperan pada subur atau tidaknya seorang wanita.

4.Melakukan pemeriksaan fisik
Cara lain yang bisa di lakukan untuk mengetahui masa subur seorang wanita adalah dengan pemeriksaan fisik. Bagian organ tubuh misalnya buah dada, kelenjar tiroid yang ada pada leher, serta memeriksa bagian organ reproduksi. Untuk kelenjar tiroid yang mengeluarkan hormon tiroksin secara berlebihan dapat mengganggu proses pelepasan sel telur. Untuk pemeriksaan pada buah dada agar mengetahui hormon prolaktin di mana apabila kandungan hormon prolaktin sangat tinggi dapat mengganggu proses pengeluaran sel telur. Sedangkan untuk pemeriksaan organ reproduksi agar di ketahui apakah sistem alat reproduksinya berkerja normal atau tidak.

 

free web hit counter . © 2017 Tergambar.Com