Cara Pencegahan Penyakit Kanker

Cara Pencegahan Penyakit Kanker – Penyakit kanker di kenal sebagai salah satu penyakit berbahaya yang dapat menyebabkan kematian bagi penderitanya. Penyakit ganas ini juga menjadi penyakit dengan resiko kematian tertinggi di dunia. Hal ini merujuk pada data yang di di dapat dari situs Parkway Cancer Center di mana dari sebanyak 58 juta kematian telah terjadi di seluruh dunia pada tahun 2005, dan dari penyakit kanker telah “menyumbangkan” sebanyak 7,6 juta kematian atau sekitar 13 % dari jumlah seluruh kematian.

Dari data tersebut menunjukkan kalau kanker menjadi salah satu penyakit yang berbahaya dan bisa merenggut nyawa penderitanya. Karena dampak yang berbahaya inilah hendaknya untuk melakukan pencegahan sedini mungkin agar terhindar dari kanker. Sebagai langkah awal, pola hidup sehat menjadi sangat di anjurkan agar terhindar dari penyakit kanker dan juga penyakit berbahaya lainnya. Beberapa cara pencegahan penyakit kanker bisa di lakukan dengan melakukan cara sederhana seperti di bawah ini :

Pencegahan Kanker

1. Tidak merokok atau menghisap asap rokok
Kebiasaan merokok menjadi salah satu penyebab kanker paru paru dan sebanyak 87% kematian dari penyakit kanker paru paru meninggal. Di perlukan waktu selama sepuluh tahun setelah berhenti merokok untuk mengurangi resiko terkena kanker paru paru. Selain itu dengan berhenti merokok juga mengurangi resiko kena kandung kemih, terserang kanker mulut, dan kanker ginjal. Hal ini seperti yang telah di jelaskan oleh Norman Edelman, MD, Kepala Medis dari America Lung Association.

Bahaya Merokok ini juga bisa di alami oleh orang orang yang ada di sekitarnya yang kebetulan menghisap asap rokok dari perokok aktif. Bagi yang bukan perokok sebaiknya menjauhi orang-orang yang sering merokok, asap roko yang terhirup mampu memberikan efek yang sama dengan perokok.

2. Menjaga Berat Badan Seimbang
Hasil satu penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang memiliki Berat badan berlebihan dapat meningkatkan risiko kanker usus besar, terkena kanker hati, terjangkit kanker pankreas, penyakit kanker esophagus (yaitu kanker kerongkongan), kanker endometrium (kanker di luar jaringan rahim), serta kanker payudara pasca-menopause. Dengan metode BMI atau Body Mass Index yang merupakan metode perhitungan untuk menentukan berpa berat badan yang ideal dengan membandingkan jumlah jumlah berat badan dan tinggi badan.

Orang sehat rata rata memiliki jumlah BMI 18,5 hingga 24,9. Orang dengan risiko terkena kanker ditemukan pada orang dengan jumlah BMI nya mencapai 23 atau lebih. Contoh cara penghitungan BMI, BB = 55 kg dan TB = 165 cm, maka BMI = (55) / (1.65) * (1.65) = 20,2.

3. Berjalan Kaki 10 Menit Setiap Hari
Mencegah kanker juga bisa di lakukan dengan aktivitas ringan seperti jalan kaki. Laporan dari studi di University of California telah menunjukkan bahwa dengan berjalan kaki selama kurang lebih 10 menit tiap hari dapat mengurangi risiko terkena penyakit kanker payudara. Pada studi tersebut di ungkapkan bahwa apabila wanita melakukan 45-60 menit olahraga seperti jalan cepat atau bersepeda dan di lakukan setidaknya lima kali dalam seminggu bisa meningkatkan perlindungan tubuh terhadap kanker payudara dan kanker usus besar.

4. Konsumsi Buah dan Sayur
Buah dan sayur punya banyak manfaat bagi kesehatan dan salah satunya juga untuk mengurangi resiko kena kanker. Konsumsi lah buah buahan dan sayur sayuran yang juga bagus untuk diet sehat.

Mengkonsumi buah dan sayur sebagai menu harian dan program diet sehat juga akan mengurangi risiko terkena kanker, seperti kanker paru-paru, mulut, kerongkongan, lambung, dan kanker usus besar,” demikian seperti kata Colleen Doyle, RD, Direktur Nutrisi dan Aktifitas Fisik untuk ACS.

5. Hindari Alkohol
Bagi yang suka minuman beralkohol akan meningkatkan risiko kena kanker mulut, kanker rongga mulut (laring), kerongkongan, hati, dan payudara. Walaupun cuma minum sedikit, akan tetapi bisa berdampak buruk pada kesehatan tubuh. Tercatat dalam satu penelitian, bahwa wanita yang telah minum alkohol selama seminggu dihubungkan dengan adanya peningkatan risiko terkena kanker payudara.

free web hit counter . © 2017 Tergambar.Com