Cara Merawat Kain Batik Yang Benar Agar Tetap Bagus Dan Awet

+

Cara Merawat Kain Batik Yang Benar Agar Tetap Bagus Dan Awet – Punya banyak koleksi kain batik? Agar kain batik kesayangan tetap bagus dan awet perlu di rawat dengan cara yang baik dan benar. Proses pembuatan batik sendiri ada yang di sebut dengan batik tulis ada juga bati cap. Kain batik terbuat dari bahan alami dan jika tidak hati hati maka batik akan cepat lusuh dan rusak.

Pencucian kain batik tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Hindari mencuci kain batik menggunakan mesin cuci. Di samping itu saat mencuci kain batik sebaiknya tidak memakai detergen karena akan membuat warna batik jadi pudar.

Kain Batik

Setelah kain batik dicuci, pastikan Anda tidak menjemurnya di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung. Menjemur batik bisa di tempat yang agak teduh dan cukup diangin-anginkan saja dan usahakan juga kalau kedua sisi kain batik tidak saling melekat saat masih dalam keadaan basah.

Jika kain batik sudah kering di jemur, ketahui juga bagaimana cara menyimpan kain batik yang benar. Hindari menggunakan kapur barus saat menyimpan kain batik karena bisa membuat kain menjadi rapuh.

Lebih baik gunakan biji merica yang telah dimasukkan ke dalam kantong yang berongga dan taruh di dekat-dekat kain. Anda juga bisa gunakan akar wangi.

Selain memanfaatkan biji merica dan akar wangi, menyimpan batik juga bisa dilakukan ketika pengeringan dengan memakai ratus. Pada waktu kain batik masih setengah kering, bakarlah ratus kemudian tutupi menggunakan kurungan ayam. Setelah itu, letakkan kain batik di atas kurungan ayam. Cara ini bisa membuat kain awet tahan lama mengeluarkan aroma harum.

Jika kain batik di simpan dalam lemari dalam jangka waktu lama, sebaiknya kain batik tidak di lipat wiru. Lipatan wiru adalah lipatan yang terlihat bagian depan pada saat kain batik pakai. Menyimpan lama kain batik dalam keadaan di lipat wiru lama-kelamaan kain batik bisa robek.

Yang perlu diperhatikan adalah menjaga kain batik agar tidak dalam keadaan lembab jika ingin di simpan dalam lemari dalam waktu lama. Secara berkala, keluarkan batik dari lemari lalu dibentangkan.

Hal ini agar kain batik mendapat udara sehingga kain batik tidak lapuk, tidak di serang ngengat dan untuk menghindari batik agar tidak sobek.

free web hit counter . © 2017 Tergambar.Com