Cara Mengatasi Rasa Lapar Saat Diet

+

Cara Mengatasi Rasa Lapar Saat Diet – Memang tidak mudah bagi orang yang sedang menjalankan program diet karena ingin melangsingkan badan. Biasanya bisa makan apa saja yang di sukainya dan kapan saja, namun saat sedang diet harus menahan diri untuk tidak sembarangan mengkonsusmi makanan. Godaan karena ingin bisa makan apa saja dan kapas saja ini lah yang sering menyebabkan gagalnya diet seseorang. Terlebih buat orang yang berdiet sangat ketat, sudah pasti sering tersiksa karena harus rela “kelaparan” sepanjang hari.

Tantangan terbesar pada saat sedang diet adalah bagaimana caranya mengatasi rasa lapar. Bagaimana tidak? Pada waktu diet sudah pasti harus menahan diri dan membatasi asupan makanan yang akan di konsumsi. Untuk mengatasi rasa lapar saat sedang diet, coba ikut tips berikut ini yang meungkin bermanfaat buat Anda, bagaimana triknya agar bisa mengatasi rasa lapas waktu sedang berdiet :

mengatasi lapar saat diet

Cara Atasi Rasa Lapar Waktu Sedang Berdiet :

1.Memilih makanan yang banyak mengandung serat.
Disarankan bagi orang yang sedang berdiet untuk banyak makan yang kaya akan serat. Ada dua macam serat yaitu jenis serat tidak larut dan serat yang mudah larut. Kedua jenis serat ini bermanfaat buat kesehatan. Akan tetapi, apabila sedang diet dan untuk atasi rasa lapar, pilihan yang baik adalah yang serat larut. Makanan yang mengandung serat larut bisa di temukan pada buah buahan dan sayur sayuran.

Selain sayuran dan buah buahan, jenis makanan yang mengandung serat larut adalah oat serta kacang-kacangan. dan lainnya. Serat larut yang di dapat dari makanan berserat berfungsi untuk pembentukan gel di dalam perut dan nantinya akan memperlambat proses pencernaan sehingga jenis makanan yang mengandung sarat larut ini akan membuat kenyang lebih lama. Bukan hanya itu saja, serat juga berfungsi untuk menjinakkan respon gula darah akibat karbohidrat yang telah di konsumsi.

2.Konsumsi telur di pagi hari
Dari hasil penelitian sudah membuktikan, apabila mengawali hari dengan mengkonsumsi jenis makanan yang banyak mengandung protein dapat menekan rasa lapar sepanjang hari. Makanan yang banyak mengandung protein dapat membantu menekan produksi ghrelin, yaitu hormon yang dapat merangsang nafsu makan.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa dengan sarapan telur mampu menurunkan rasa lapar dan bisa membuat Anda mengonsumsi lebih sedikit kalori dibandingkan dengan sarapan roti atau sereal.

3.Potong menjadi porsi kecil
Dengan memotong motong makanan Anda menjadi porsi kecil bisa membuat rasa kenyang lebih lama. Dari satu penelitian dari Arizona State University telah mengungkapkan bahwa dengan memotong makanan menjadi porsi kecil mampu meningkatkan kepuasan dan rasa kenyang jika dibandingkan dengan mengkonsumsi makanan yang sama tapi dengan potongan besar.

Cara mengkonsumsi makanan yang di potong potong kecil pun biasanya juga pelan dan lama dan hal ini juga akan membuat cepat kenyang tapi tidak mudah lapar.

4.Biasakan makan yang benar
Banyak sekali orang yang sedang makan tapi juga sambil menonton televisi. Mulailah dengan membiasakan makan dengan benar. Cobalah saat sedang makan untuk fokus hanya pada makanan yang ada di depan Anda. Hindari menyantap makanan sambil menyaksikan TV, sambil baca buku, sambil bermain handphone, atau sambil ngobrol dengan teman.

Ada satu penelitian telah mengungkapkan bahwa saat sedang makan namun juga sambil melakukan kegiatan lainnya, hal ini bisa menyebabkan kurang puas dan terasa masih lapar walaupun telah menghabiskan makannya. Bukan hanya itu saja, saat sedang makan namun juga melakukan kegiatan lain, biasanya akan mengkonsumsi lebih banyak kalori sehingga sulit untuk menurunkan berat badan sehingga akan menggagalkan diet Anda..

Demikian beberapa tips cara mengatasi rasa lapar saat sedang diet dan juga untuk mengendalikan nafsu makan. Semoga bermanfaat…

free web hit counter . © 2017 Tergambar.Com