Cara Mendidik Anak Agar Memiliki Tanggung Jawab

Cara Mendidik Anak Agar Memiliki Tanggung Jawab – Usia anak anak memang lebih banyak di gunakan untuk belajar dan bermain. Namun, tidak ada salahnya juga untuk mulai mengajarkan anak agar memiliki tanggung jawab dengan memberi tugas sesuai dengan usia mereka. Walaupun mengajarkan tanggung jawab kepada anak termasuk gampang-gampang susah, tapi dengan mendidiknya dari kecil, kelak anak akan jadi mandiri dan memiliki tanggung jawab.

Bagaimana agar anak lebih bertanggung jawab? Ada beberapa tips yang bisa dilakukan seperti di bawah ini : Baca juga perkataan buruk ini bisa membahayakan masa depan anak.

mendidik anak agar bertanggung jawab

 

1.Pertahankan Konsistensi
Sebagai orang tua, Anda dapat mulai memberikan tanggung jawab kepada anak Anda dengan melakukan yugas tugas ringan di dalam rumah. Contohnya adalah dengan memberikan tugas anak misalnya menyapu ruang tamu, mengepel lantai setiap dua atau tiga hari sekali. Pastikan kalau tugas-tugas yang Anda berikan tersebut dilakukan secara konsisten. Pada wal awal, mungkin anak akan merasa berat atau akan terbebani untuk mengerjakan tugas-tugas yang Anda diberikan. Namun, lama lama anak akan terbiasa dan anak-anak akan belajar arti dari tanggung jawab, jadi anak yang rajin, mandiri dan tidak mudah mengeluh.

2.Kenali Karakter Anak Saat Mengerjakan Tugas
Biasanya anak-anak akan mengeluh kalau diberi pekerjaan di rumah. Biarkan saja anak mengeluh dan Anda tak perlu marah-marah kalau anak memang terlihat tidak suka dengan tugas yang Anda diberikan. Anda bisa mencoba memberikan tugas yang sepertinya akan sangat senangi oleh anak Anda, Setiap anak mempunyai kecenderungan sendiri pada waktu menyelesaikan tugas. Yang harus Anda lakukan adalah, peka terhadap karakter anak Anda.

3.Pilih Hal Yang Paling Memotivasi Anak-Anak
Umumnya anak-anak akan sangat bersemangat melakukan sesuatu kalau dalam dirinya punya motivasi. Contohnya, anak akan lebih bersemangat mengerjakan tugas di rumah kalau Anda berjanji akan menghadiahkan sesuatu kepadanya. Naun, Anda tidak harus selalu meng iming imingi upah atau imbalan yang berbentuk materi kepada anak Anda setiap kali anak selesai melakukan tugasnya. Anda bisa memberikan pengertian kenapa anak Anda perlu melakukan sesuatu dan jelaskan kalau hal yang dikerjakan oleh anak Anda itu akan bermanfaat untuk banyak orang.

Mendidik anak sejak dini agar bertanggung jawab sangatlah penting. Kelak kalau anak tumbuh dewasa, anak bisa menjalani hidupnya dengan lebih terarah, rajin dan mandiri. Baca juga Penyebab Retaknya Pernikahan Suami Istri

 

free web hit counter . © 2017 Tergambar.Com