Cara Memanaskan Makanan Agar Sehat Dan Aman

+

Cara Memanaskan Makanan Agar Sehat Dan Aman – Sering membeli makanan kemasan? Memanaskan makanan kemasan yang umumnya terbungkus plastik di anggap bisa membahayakan kesehatan. Alasannya, plastik mengandung zat kimia seperti bisphenol A (BPA) dan phthalates dan bisa saja zat tersebut larut dari wadah ke dalam makanan.

memanaskan makanan, makanan dan minuman, tips kesehatan

Senyawa dari zat tersebut juga dipercaya akan berinteraksi dengan hormon didalam tubuh dan dapat memicu penyakit kanker, penyakit diabetes, dan obesitas. Hal ini diungkapkan oleh The Endocrine Society, yaitu sebuah organisasi profesional untuk para ilmuwan dan dokter spesialis hormon.

Namun begitu, hal ini juga masih menjadi perdebatan kalangan para ahli. Dilansir dari laman Menshealth, hal berbeda telah diungkapkan oleh Food and Drug Administration (FDA). FDA yang sudah berulang kali menganalisa dan meyakini bahwasanya zat tersebut aman.

Ilmuwan FDA telah mengungkapkan bahwa, tubuh bisa dengan cepat menghancurkan BPA yang kemudian mengeluarkannya melalui urin dan feses. Hal serupa juga dikatakan oleh European Food Safety Authority atau Otoritas Keamanan Makanan Eropa.

Hingga sekarang ini kalangan peneliti masih terus meneliti dengan bergantung pada penelitian yang dilakukan pada hewan, model matematika, dan penelitian yang memperlihatkan korelasi namun tidak membuktikan adanya hubungan sebab akibat.

Sementara, sebagai upaya jika ingin mengurangi paparan zat yang terkandung didalam plastik, bisa dilakukan melalui beberapa cara. Salah satunya yaitu dengan cara mengganti wadah makanan beku atau kemasan ke dalam wadah kaca ketika menghangatkan ke dalam microwave.

Pastikan juga kalau tutupnya dalam posisi sedikit miring. Agar bisa mencapai suhu memasak yang aman, Anda bisa gunakan termometer makanan. Sedangkan untuk mengukus sayuran, cobalah dengan percikkan sedikit air. Cara ini berguna untuk memastikan bahwa sayuran sudah dimasak dengan cara yang tepat.

free web hit counter . © 2017 Tergambar.Com