Aneka Motif Batik Di Indonesia Dan Penjelasannya

+

Aneka Motif Batik Di Indonesia Dan Penjelasannya – Motif Batik Indonesia yang ada di sini bisa di lihat dari mana motif batik tersebut berasal. Indonesia sebagai negara asal di mana batik itu di buat memiliki macam macam motif batik. Dan umumnya setiap motif batik yang di buat di setiap daerah di Indonesia mengandung makna dan filosofi sesuai budaya daerah tersebut. Teknik cara pembuatan batik yang ada di Indonesia ini juga beragam seperti batik tulis dimana motif dan corak yang di buat pada kainnya cara membuatnya menggunakan tangan pengrajinnya.

Kemudian ada Batik cap dimana pemberian motif dan coraknya di buat dengan alat Cap, beberapa nama lain dari kain batik dengan berdasarkan teknik pembuatannya ini bisa di baca di Macam Macam Batik Di Indonesia. Secara tradisional teknik pembuatan batik menggunakan kain, bahan malam serta alat berupa canthing. Kemudian lewat tangan tangan trampil dari pembatik inilah tercipta karya batik dengan beragam motif batik indonesia yang sangat indah. ( baca juga tips berbelanja busana )

Motif Batik

Karena motif batik di Indonesia ini sangat banyak sekali jumlahnya yang di bagi berdasarkan daerah di mana batik tersebut di buat seperti batik Pekalongan, batik Solo, batik Yogyakarta, Bali, Madura, Cirebon, Banyumas, Jepara, Aceh, Banten serta daerah lain di Indonesia. Dan tiap daerah juga memiliki nama nama dari motif batik seperti motif batik sekar jagad, sida asih, sida luhur, merak, pisang mas, senandung cinta dll.

1.Motif Batik Sekar Jagad
Sekar Jagat adalah bahasa jawa, nama motif batik sekar jagad ini mengandung makna kecantikan serta keindahan sehingga siapa saja yang melihat motif batik ini akan terpesona melihatnya . Di sisi lain ada juga yang beranggapan kalau nama motif Sekar Jagad ini asalnya dari kata “kar jagad”. Kar artinya peta dan Jagad artinya dunia, sehingga sekar jagad ini bisa juga melambangkan tentang keragaman yang ada diseluruh dunia.

2.Motif Batik Sida Luhur
Motif yang kalau di baca dengan logat jawa adalah Sido Luhur ini mengandung makna ada harapan dalam mencapai satu kedudukan yang lebih tinggi, serta bisa menjadi panutan atau tuntunan buat masyarakat.

3.Motif Batik Sida Asih
Motif yang di ambil dari bahasa jawa dengan pengucapan Sido Asih ini mengandung makna tentang suatu harapan agar setiap manusia bisa mengembangkan sifat rasa saling menyayangi, sifat saling mengasihi terhadap sesam manusia.

4.Motif Batik Babon Angrem
Babon Angrem kalau dalam bahasa jawa yang artinya adalah Babon = induk ayam sedangkan Angrem = mengerami telur. Makna yang terkandung dari motif Babon Angrem ini adalah tentang kesabaran, seperti bagaimana sabarnya induk ayam ketika sedang mengerami telurnya sampai menetas.

Nama nama motif batik di atas hanya sebagian dari jumlah nama motif batik yang ada di Indonesia. Tentunya masih banyak lagi nama motif Batik Di Indonesia lainnya. Dari pembuatan kain batik yang ada serta perkembangan trend fashion Batik di Indoneisa seperti sekarang ini, kita bisa dengan mudah mencari produk batik yang di sesuaikan dengan kebutuhan kita.

Bagaimana dengan motif batik di daerah Anda?

free web hit counter . © 2017 Tergambar.Com